Akram Blog's

nothing to displayed

Tips Memanfaatkan Istirahat Makan Siang Secara Efektif

Manusia punya keterbataan dalam bekerja. Menurut Elaine St. James, dalam bukunya “Simplify Your Work Life”, 2 jam pertama adalah waktu yang paling efektif dalam bekerja. Setelah itu, efisiensi perlahan-lahan menyurut. Perlu jeda untuk mengembalikan vitalitas kerja. Kita bukan robot yang bisa bekerja non-stop, bukan? Lois P. Frankel, Ph.D, presiden sebuah biro konsultasi terkemuka di California juga menekankan perlunya istirahat dalam bekerja. Anda tidak perlu jadi hero atau heroine (pahlawan perempuan) yang melewatkan waktu istirahat dengan alas an menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Bekerja tanpa istirahat, memberikan kesan bahwa Anda bermasalah atau tidak efisien. Seakan-akan, Anda penuh dengan beban kerja dan tidak tahu cara menanganinya.

So, waktu istirahat memang perlu dinikmati. Di samping Anda pergunakan untuk mengisi ‘bahan bakar’ ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan waktu istirahan makan siang secara efektif. Anda bisa melakukan recharge batteray stamina Anda agar kembali produktif sepanjang hari. Enjoy your lunch time:

1. Perluas Hubungan Sosial. Makan siang berama teman-teman dari unit kerja lain atau kantor lain? It’s good for your networking. Biasanya perkembangan profesi didapat dari pertemuan informal semacam ini. Karena terlalu sibuk bekerja, kadang Anda tidak punya waktu berkumpul dengan teman seprofesi atau rekan-rekan dari unit kerja atau kantor lain. Karena itu, manfaatkan waktu istirahat siang  untuk redez-vous dengan mereka.

2. Bertemu Pasangan. Buatlah janji makan siang dengan pasangan (tentu jika jarak kantor Anda dan kantornya berdekatan). Manfaatkan waktu makanan kesukaan Anda berdua, di tempat makan favorit Anda berdua. Mendengar suaranya yang menenangkan itu saja, sudah membuat beban pikiran menjadi ringan, apalagi makan siang bersamanya. Pasti sangat menyenangkan. Anda mungkin bisa kembali ke kantor dengan ide-ide segar dan brilian.

3. Shopping. Mungkin kegiatan ini yang paling Anda sukai?  Bisa membikin otak Anda kembali fresh! Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk membeli beberapa keperluan sehari-hari di mal atau supermartket. Namun, perhatikan jarak tempuh dan tingkat kemacetan dari kantor ke pusat perbelanjaan, dan sebaliknya. Dan satu hal yang perlu Anda perhatikan: ingat waktu. Karena kalau Anda terlalu asyik belanja, Anda mungkin terlambat sampai di kantor.

4. Take A Nap. Orang-orang sibuk, hanya perlu waktu tidur antaran 4-5 jam, padahal waktu yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuh adalah 6-8 jam sehari. Di saat siang, kala stamina badan menurun, tidur adalah salah satu cara untuk meremajakan lagi tubuh Anda secara total. Cukup 15 menit, tubuh Anda bisa kembali bugar. Menurut Prof. Marita MacCape, psikolog dari Malbourne, tidur selama 15 menit bisa mengembalikan energi Anda ke tingkat yang sama pada pagi hari.

5. Pijat Refleksi. Model Pemijatan yang menekan titik-titik syaraf di telapak kaki ini diyakini bisa mengembalikan kesegaran tubuh Anda. Cukup dengan 45 menit, tubuh dan pikiran Anda akan segar kembali setelah melakukan pemijatan ala cina ini. Apalagi ditambah aromaterapi, hal ini akan membuat pikiran Anda rileks dan tenang. Dengan cara ini, terkadang solusi atas permasalah kerja bisa muncul begitu saja dari alam bawah sadar Anda.

6. Cari Angin. Terus menerus duduk di depan computer kantor bisa membikin kepala pusing dan pinggang serasa mau putus. Lakukan penyegaran dengan berjalan-jalan di seputar kantor. Bila Anda tak suka olahraga, shopping, atau berkumpul bersama rekan-rekan kerja, maka kegiatan ini baik untuk melemaskan kaki dan otot-otot kaku Anda.

sumber: http://iniopiniku.com/2012/05/tips-memanfaatkan-istirahat-makan-siang-secara-efektif/

Single Post Navigation

Leave a comment