Akram Blog's

nothing to displayed

Pengertian Netmeeting dan cara Setup Netmeeting

Pengertiannya:

NetMeeting merupakan aplikasi perangkat lunak untuk konferensi audio dan video. NetMeeting menawarkan berbagi desktop, audio video chat, dan fungsi transfer file. NetMeeting mendukung server direktori dan jasa. Menggunakan NetMeeting secara otomatis dapat mendaftar dengan direktori ketika mereka mulai klien NetMeeting mereka. Direktori yang kemudian memungkinkan pengguna untuk menemukan pengguna online dengan nama atau lokasi. Jika direktori tidak tersedia, pengguna NetMeeting juga dapat memanggil satu sama lain secara langsung dengan nama komputer atau alamat IP . Setelah terhubung ke pengguna lain, NetMeeting tempat semua pihak dalam “panggilan.” NetMeeting melacak daftar panggilan dan memungkinkan pengguna untuk berbagi desktop mereka jendela, untuk chatting, transfer file, atau berbagi VoIP pakan. NetMeeting mendukung puluhan pengguna simulataneous dalam panggilan. Mendukung pengguna atas semua jenis koneksi jaringan IP termasuk dialup layanan. Namun, kinerja keseluruhan panggilan NetMeeting umumnya menderita ketika pengguna dialup terhubung. Microsoft NetMeeting kapal dengan sistem operasi Microsoft Windows. “Conf.exe” adalah eksekusi klien NetMeeting. Windows XP daun conf.exe tidak aktif secara default dan membutuhkan configuratio pengguna khusus untuk mengaktifkannya. Microsoft telah berhenti pengembangan masa depan NetMeeting dan mengumumkan rencana untuk phase out alat ini mendukung layanan baru yang disebut Office Live Meeting. 

 

Cara setup:

Klik kanan pada START MENU LALU PILIH EXPLORE “Gambar 1″


• Lalu pada jendela explore pilih Control Panel – Network Connections – Klik kanan pada gambar komputer jaringan – pilih properties “Gambar 2″


• Lalu pada jendela Local Area Connection Properties – Pilih Internet Protocol (TCP/IP) – Properties. “Gambar 3″


• Kemudian anda akan dibawa pada jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties, Jika Telah tercentang yang pertama kali Obtain an IP Address Automatically dan Obtain DNS Server address Automatically itu menandakan bahwa IP anda telah terkonfigurasi secara automatis dari server dan jika Use The Following IP Address, Use The Following DNS Server Address itu menandakan bahwa jaringan anda terkonfigurasi secara manual dan lakukanlah pemberian IP Address secara manual. “Gambar 4,5,6″

• Lalu Klik kanan Pada Gambar komputer jaringan seperti pada gambar 2 dan pilih Enable agar dapat terkoneksi baik dengan server atau secara peer to peer. “Gambar 7″

• Setelah mengklik Enable pada gambar komputer jaringan Komputer akan melakukan konfigurasi yang telah anda masukkan apakah dapat terkoneksi dengan komputer lain atau tidak

2. Jika semua konfigurasi telah terpasang dengan benar dan jaringan dapat saling
berkomunikasi maka langkah berikut yang perlu anda perhatikan adalah
mengkonfigurasi NetMeeting yaitu aplikasi chat tanpa harus on-line yang terdapat
dalam fitur windows xp. Berikut langkah-langkahnya.
• Klik Start Menu, kemudian pilih “run”. Pada run ketikkan “conf”, lalu OK

• Kemudian Akan Muncul Jendela NetMeeting, Klik Next Untuk melanjutkan.

• Setelah klik Next akan Muncul tabel kosong, yang berisi First Name, Last Name, dan Email address dan isikanlah tabel yang kosong tersebut untuk menandakan identitas bahwa anda telah membuat suatu account. Kemudian Next.

• Kemudian anda akan di bawa pada jendela berikutnya yaitu anda di suruh untuk mencentang dua pilihan pada jendela tersebut, centanglah Log on to a directory server when NetMeeting Start lalu pilih server yang anda kehendaki. Disini menandakan anda akan masuk dan membuat directory pada server NetMeeting sebelum anda menggunakannya, kemudian klik next.

• Pada jendela berikutnya anda diminta untuk memilih tipe koneksi anda atau modem yang anda gunakan. Pilih local area network dan klik next.

• lalu anda diminta untuk memberikan shortcut, disini tidak diwajibkan untuk mencentang karena sesuka hati anda jika ingin membuat shortcut centang saja kedua-duanya.

• Lalu anda akan di bawa pada jendela audio tuning wizard yaitu sebuah fitur tambahan dari netmeeting agar bisa menggunakan suara saat berchating dengan menggunakan mic atau heatset lalu klik next.

• Pada jendela volume tentukanlah volume yang di inginkan lalu klik next.

• Kemudia pada jendela record volume tentukanlah volume yang anda inginkan juga.

• Kemudian anda akan di bawa pada jendela audio tuning wizard yang menyatakan bahwa semua konfigurasi telah selesai lalu klik finish.

• Dan anda akan di bawa pada tampilan netmeeting.

3. Setelah kofigurasi semua selesai masukkanlah no ip address teman anda untuk dapat
terkoneksi dengan teman anda dan tunggulah sampai proses waiting respon selesai.

4. Karena anda telah mengklik Log on to a directory server when NetMeeting Start
maka daftar-daftar orang yang menggunakan netmeeting akan secara automatis masuk
dengan sendirinya. 

 

sumber: http://radenroni.blogspot.com/2012/03/pengertian-netmeeting.html

sumber: http://iduyhawblogspot.blogspot.com/2010/04/cara-penggunaan-netmeeting.html

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: